Minggu, 14 Juli 2013

NUR (CAHAYA) ATAU BASYAR (MANUSIA BIASA)?

هل النبي صلى الله عليه وسلم نور، أم هو بشر مثلنا كما أخبر القرآن ؟
 Apakah Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wa sallam merupakan Nur (cahaya), ataukah basyar (manusia) seperti kita sebagaimana diberitakan al-Quran?



النبي صلى الله عليه وسلم نور هذا صحيح قال تعالى : { يَا أَهْلَ الْكِتَابِ قَدْ جَاءَكُمْ رَسُولُنَا يُبَيِّنُ لَكُمْ كَثِيرًا مِمَّا كُنْتُمْ تُخْفُونَ مِنَ الْكِتَابِ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ قَدْ جَاءَكُمْ مِنَ اللَّهِ نُورٌ وَكِتَابٌ مُبِينٌ} ، وقال تعالى: {وَدَاعِيًا إِلَى اللَّهِ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُنِيرًا} ، فهو صلى الله عليه وسلم نور ومنير، ولا شيء في أن تقول إن سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم كان نورًا طالما أن الله عز وجل قد وصفه بذلك وسماه نورًا، ولقد ثبت في السنة أن الصحابة رضى الله عنهم كانوا يقولون : إنه وجهه صلى الله عليه وسلم كالقمر(رواه النسائي ، والطبراني ، وذكر ذلك أيضا الحافظ ابن حجر في الإصابة)، وقد أخبر صلى الله عليه وسلم أنه عندما حملت فيه أمه: «رأت نورًا أضاء لها قصور بصرى من أرض الشام »( رواه الطبري في تاريخه، وابن هشام في السيرة النبوية ، وصاحب حلية الأولياء)، وقد أخبر أصحابه رضوان الله عليهم أن : «النبي صلى الله عليه وسلم عندما دخل المدينة أضاء منها كل شيء، وعندما مات أظلم منها كل شيء»( رواه أحمد ، والترمذي ، وابن ماجه ، وابن حبان) إلى غير ذلك من آثار وأحاديث تبين أنه صلى الله عليه وسلم كان نورًا، ولا ينبغي أن ننفي أن ذلك النور كان حسياً، فليس هناك ما يتعارض مع كونه كان منيرًا، وأنه صلى الله عليه وسلم له نور حسي مع أصل العقيدة، كما أنه لا يعارض طبيعته البشرية التي أخبر بها القرآن.إن المحظور هو نفي البشرية عنه صلى الله عليه وسلم ؛ لأن هذا مخالف لصحيح القرآن فقد قال الله تعالى: { قُلْ إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ مِثْلُكُمْ يُوحَى إِلَيَّ } ، فالسلامة في ذلك أن تثبت كل ما أثبت الله لنبيه صلى الله عليه وسلم فتثبت أنه صلى الله عليه وسلم كان نورًا ومنيرًا ولا يزال، وأنه بشر مثلنا، دون تفصيل وتنظير.، وإثبات النور الحسي له صلى الله عليه وسلم لا يتعارض مع كونه بشرًا، فالقمر طبيعته صخرية، ومع ذلك هو نور وله نور حسي، والنبي صلى الله عليه وسلم خير من القمر، وخير من خلق الله كلهم، نسأل الله أن يهدينا الطريق المستقيم، فهذا بيان لقضية نورانية النبي صلى الله عليه وسلم. وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين، والله تعالى أعلى وأعلم.


Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wa sallam adalah Nur, ini benar. Allah berfirman:

 يَا أَهْلَ الْكِتَابِ قَدْ جَاءَكُمْ رَسُولُنَا يُبَيِّنُ لَكُمْ كَثِيرًا مِمَّا كُنْتُمْ تُخْفُونَ مِنَ الْكِتَابِ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ قَدْ جَاءَكُمْ مِنَ اللَّهِ نُورٌ وَكِتَابٌ مُبِينٌ


Hai Ahli Kitab, sesungguhnya telah datang kepadamu Rasul Kami, menjelaskan kepadamu banyak dari isi Al Kitab yg kamu sembunyikan, & banyak (pula yang) dibiarkannya. Sesungguhnya telah datang kepadamu Nur (cahaya) dari Allah dan Kitab yg menerangkan.


وَدَاعِيًا إِلَى اللَّهِ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُنِيرًا


dan untuk jadi penyeru kepada Agama Allah dengan izin-Nya dan untuk jadi siroojan Muniiroo (cahaya yang menerangi).


Maka maksudnya adalah beliau shollallahu 'alaihi wa sallam Nur (cahaya) dan muniir (yang menerangi).


Dan tidak apa-apa jika engkau mengucapkan bahwa sayyidina Muhammad shollallahu 'alaihi wa sallam adalah nur, sepanjang bahwasanya Allah 'Azza wa Jalla mensifati beliau dengan sifat itu dan Dia menyebutnya Nur.


Dan sungguh kuat dalam riwayat Hadis bahwasanya para shohabat Rodhiyallahu 'anhum mengatakan: Sesungguhnya wajah beliau shollallahu 'alaihi wa sallam seperti rembulan. (HR. Nasa'i, Thobroni, dan juga al-Hafidz ibn Hajar menuturkan pula dalam kitab al-Ishobah).


Selain itu, masih banyak hadith dan atsar (pendapat Sahabat rodhiyallahu 'anhum) yang menerangkan bahwa Nabi Muhammad -shollallahu ‘alaihi wasallam- adalah cahaya. Dan tidak sepatutnya kita menafikan bahwa cahaya tersebut adalah dalam bentuk fizikal karena tidak ada yang bertentangan pada kenyataan bahwa Baginda -shollallahu ‘alaihi wasallam- bersifat menerangi dan mempunyai cahaya yang berbentuk material (kebendaan) itu dengan prinsip dasar akidah.


Sebagaimana hal itu tidak bertentangan dengan tabiat kemanusiaannya yang dinyatakan di dalam Al-Quran.


Perkara yang dilarang adalah menafikan kemanusiaan dari diri Nabi -shollallahu ‘alaihi wasallam- karena menyalahi keterangan yang jelas di dalam Al-Quran. Allah Subhanahau wa Ta'ala berfirman:


قُلْ إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ مِثْلُكُمْ يُوحَى إِلَيَّ


“Katakanlah (hai Muhammad): Sesungguhnya aku manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku…


Maka jalan selamat dalam masalah tersebut adalah kita menetapkan apa yang ditetapkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala pada diri Nabi-Nya, Nabi Muhammad -shollallahu ‘alaihi wasallam-. Dengan demikian, kita menetapkan bahwa Nabi -shollallahu ‘alaihi wasallam- adalah cahaya dan menerangi, senantiasa demikian, dan bahwa Baginda -shollallahu ‘alaihi wasallam- adalah manusia tanpa memperincikan dan membuat penilaian yg rendah dan sama dgn manusia lainnya.


Dan menetapkan cahaya fizikal bagi Nabi Muhammad -shollallahu ‘alaihi wasallam- itu tidak bertentangan dengan kenyataan bahwa Baginda -shollallahu ‘alaihi wasallam- adalah manusia. Rembulan misalnya, tabiat sebenarnya adalah bebatuan dan bersama itu ia juga mempunyai cahaya fizikal. Dan Nabi -shollallahu ‘alaihi wasallam- lebih baik dari bulan dan lebih baik dari seluruh makhluk Allah Subhanahu wa Ta'ala.


Kami memohon Allah,kiranya Ia menunjukkan kita jalan yang lurus. Maka, inilah penjelasan mengenai qodhiyah nuroniyah Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wa sallam.


Wa aakhiru da'wanaa anil hamdulillaahi robbil 'aalamiin.


Wallahu Ta'aalaa a'laa wa a'lam.


Sumber:

http://www.facebook.com/photo.php?fbid=638808116147100&set=a.332018776826037.91920.300263833334865&type=1&relevant_count=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar