Rabu, 24 Juli 2013

Bacaan Takbir Hari Raya, Bid'ahkah?


أرجو من فضيلتكم إفادتنا عن شرعية الصيغة الواردة بتكبير العيدين وهي: "الله أكبر الله أكبر الله أكبر، لا إله إلا الله، الله أكبر الله أكبر ولله الحمد، الله أكبر كبيرًا، والحمد لله كثيرًا، وسبحان الله بكرة وأصيلا، لا إله إلا الله وحده، صدق وعده، ونصر عبده، وأعز جنده، وهزم الأحزاب وحده، لا إله إلا الله، ولا نعبد إلا إياه مخلصين له الدين ولو كره الكافرون، اللهم صل على سيدنا محمد، وعلى آل سيدنا محمد، وعلى أصحاب سيدنا محمد، وعلى أنصار سيدنا محمد، وعلى أزواج سيدنا محمد وعلى ذرية سيدنا محمد وسلم تسليمًا كثيرًا"؛ حيث إن البعض يدعي أنها بدعة وحرام.

Mohon penjelasan berdasarkan syariat mengenai penggunaan bacaan takbir hari raya berikut ini: Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Lâ ilâha illallah, Allahu Akbar, Allahu Akbar, wa lillahil hamd. Allahu Akbar kabîra, wal hamdu lillahi katsîra, wa subhânallahi bukrataw wa ashîla. Lâ ilâha wahdah, shadaqa wa'dah, wa nashara 'abdah, wa a'azza jundah, wa hazamal ahzâba wahdah. Lâ ilâha illallah, wa lâ na'budu ilâ iyyâh, mukhlishîna lahud dîn. Wa law karihal kâfirûn. Allahumma shalli 'alâ sayyidinâ Muhammad, wa 'alâ âli sayyidinâ Muhammad, wa 'alâ ashhâbi sayyidinâ Muhammad, wa 'alâ anshâri sayyidinâ Muhammad, wa 'alâ azwâji sayyidinâ Muhammad, wa 'ala dzurriyyati sayyidinâ Muhammad, wa sallim taslîman katsîra.
Hal ini kami tanyakan karena sebagian orang menganggap bahwa bacaan takbir ini adalah bid'ah dan diharamkan.

الـجـــواب : فضيلة الأستاذ الدكتور علي جمعة محمد
 Jawaban : Mufti Agung Prof. Dr. Ali Jum'ah Muhammad 


التكبير في العيد مندوب، ولم يرد في صيغة التكبير شيء بخصوصه في السنة المطهرة، ولكن درج بعض الصحابة منهم سلمان الفارسي على التكبير بصيغة: "الله أكبر الله أكبر الله أكبر، لا إله إلا الله، الله أكبر الله أكبر، ولله الحمد" والأمر فيه على السعة، لأن النص الوارد في ذلك مطلق وهو قوله تعالى: {وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ} البقرة: 185، والمطلق يؤخذ على إطلاقه حتى يأتي ما يقيده في الشرع، ودرج المصريون من قديم الزمان على الصيغة المشهورة وهي: "الله أكبر الله أكبر الله أكبر، لا إله إلا الله، الله أكبر الله أكبر، ولله الحمد، الله أكبر كبيرًا، والحمد لله كثيرًا، وسبحان الله بكرة وأصيلا، لا إله إلا الله وحده صدق وعده ونصر عبده وأعز جنده وهزم الأحزاب وحده، لا إله إلا الله ولا نعبد إلا إياه مخلصين له الدين ولو كره الكافرون، اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد وعلى أصحاب سيدنا محمد وعلى أنصار سيدنا محمد وعلى أزواج سيدنا محمد وعلى ذرية سيدنا محمد وسلم تسليمًا كثيرًا"، وهي صيغة شرعية صحيحة قال عنها الإمام الشافعي رحمه الله تعالى: "وإن كبر على ما يكبر عليه الناس اليوم فحسن، وإن زاد تكبيرًا فحسن، وما زاد مع هذا من ذكر الله أحببتُه" اهـ.
    وزيادة الصلاة والسلام على سيدنا محمد وآله وأصحابه وأنصاره وأزواجه وذريته في ختام التكبير أمر مشروع؛ فإن أفضل الذكر ما اجتمع فيه ذكر الله ورسوله صلى الله عليه وآله وسلم، كما أن الصلاة والسلام على النبي صلى الله عليه وآله وسلم تفتح للعمل باب القبول فإنها مقبولة أبدًا حتى من المنافق كما نص على ذلك أهل العلم؛ لأنها متعلقة بالجناب الأجل صلى الله عليه وآله وسلم.

    وبناء على ذلك فمن ادعى أن قائل هذه الصيغة المشهورة مبتدع فهو إلى البدعة أقرب؛ حيث تحجَّر واسعًا وضيَّق ما وسعه الله تعالى ورسوله صلى الله عليه وآله وسلم وقيد المطلق بلا دليل، ويسعنا في ذلك ما وسع سلفنا الصالح من استحسان مثل هذه الصيغ وقبولها وجريان عادة الناس عليها بما يوافق الشرع الشريف ولا يخالفه، ونهيُ من نهى عن ذلك غير صحيح لا يلتفت إليه ولا يعول عليه.
    والله سبحانه وتعالى أعلم.

    Mengumandangkan takbir pada hari raya adalah perbuatan yang dianjurkan. Di dalam Sunnah Nabi Shollallahu ‘alaihi wa aalihii wa sallam tidak ada dalil khusus mengenai bentuk bacaan takbir tertentu. Tapi, sebagian sahabat, seperti Salman al-Farisi, membiasakan sebuah bentuk bacaan takbir tertentu, yaitu: Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Lâ ilâha illallah, Allahu Akbar, Allahu Akbar wa lillahil hamd.

    Terdapat kelonggaran dalam menggunakan bacaan takbir hari raya ini. Karena teks perintah dalam masalah ini bersifat mutlaq (umum), yaitu:

    "Dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu." (Al-Baqarah [2]: 185).

    Lafal yang bersifat mutlaq dimaknai sesuai dengan kemutlakannya (keumumannya) itu, sampai ditemukan dalil lain yang membatasinya (taqyîd).

    Penduduk Mesir sejak dahulu kala telah terbiasa mengumandangkan bacaan takbir yang biasa kita dengar. Yaitu: Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Lâ ilâha illallah, Allahu Akbar, Allahu Akbar, wa lillahil hamd. Allahu Akbar kabîra, wal hamdu lillahi katsîra, wa subhânallahi bukrataw wa ashîla. Lâ ilâha wahdah, shadaqa wa'dah, wa nashara 'abdah, wa a'azza jundah, wa hazamal ahzâba wahdah. Lâ ilâha illallah, wa lâ na'budu ilâ iyyâh, mukhlishîna lahud dîn. Wa law karihal kâfirûn. Allahumma shalli 'alâ sayyidinâ Muhammad, wa 'alâ âli sayyidinâ Muhammad, wa 'alâ ashhâbi sayyidinâ Muhammad, wa 'alâ anshâri sayyidinâ Muhammad, wa 'alâ azwâji sayyidinâ Muhammad, wa 'ala dzurriyyati sayyidinâ Muhammad, wa sallim taslîman katsîra.

     Bentuk bacaan takbir ini merupakan bacaan yang benar dan sesuai dengan syarak, sebagaimana dikatakan oleh Imam Syafi'i rahimahullah, "Jika seseorang bertakbir sebagaimana takbir yang dikumandangkan oleh masyarakat saat ini, maka itu baik. Jika dia menambahkan takbir itu, maka itu juga baik. Zikir yang ditambahkan ke dalam bacaan takbir yang ada sekarang adalah sesuatu yang saya sukai."

    Penambahan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad Shollallahu ‘alaihi wa aalihii wa sallam serta kepada para keluarga, sahabat, penolong, istri dan keturunan beliau di akhir lafal takbir merupakan sesuatu yang masyruk. Karena zikir yang terbaik adalah zikir yang di dalamnya terhimpun zikir kepada Allah dan Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa aalihii wa sallam. Selain itu, bershalawat kepada Nabi Shollallahu ‘alaihi wa aalihii wa sallam dapat membukakan pintu diterimanya amal saleh. Karena, bacaan shalawat senantiasa diterima, bahkan meskipun shalawat itu diucapkan oleh orang munafik, sebagaimana dijelaskan oleh para ulama. Karena amalan tersebut berkaitan langsung dengan makhluk terbaik, yaitu Nabi Shollallahu ‘alaihi wa aalihii wa sallam.

    Dengan demikian, orang yang menyatakan bahwa orang yang mengumandangkan bacaan takbir yang sudah masyhur ini adalah pelaku bid'ah, maka dirinyalah yang lebih dekat dengan bid'ah. Karena dia telah mempersempit apa yang dilapangkan oleh Allah dan Rasul-Nya, serta membatasi dalil yang mutlaq tanpa alasan.

    Dalam hal seperti ini kita mempunyai kelapangan sebagaimana para salaf saleh kita, yaitu dengan menganggap bentuk bacaan tersebut baik, menerimanya dan membiarkannya menjadi tradisi masyarakat selama tidak bertentangan dengan syariah. Larangan sebagian orang terhadap bentuk bacaan takbir tersebut tidaklah perlu diperhatikan dan tidak dijadikan sandaran.

Wallahu subhânahu wa ta'âlâ a'lam.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar